Thursday, February 24, 2011

makhluk terlangka/pernah terlangka di dunia

di dunia ada banyak banget spesies makhluk hidup.tapi ngga semua bisa hidup.faktornya ya faktor alam,dan yang parah kalo faktornya manusia,padahal kita juga sesama penghuni bumi.mau liat contoh makhluk yang hampir punah?mau???
1. The Pinta Island tortoise   


    Lonesome George adalah spesies terakhir yang diketahui dari Pulau Pinta Tortoise. binatang ini paling langka di dunia karena hanya ada satu di dunia. ada hadiah sebesar $10.000 bagi yang menemukan jenis betina.



2. The Vancouver Island Marmot


Marmut Pulau Vancouver (Marmotavancouverensis) alami hanya ada di pegunungan tinggi Vancouver Island , di British Columbia. Tinggal tersisa 75 ekor, tapi sudah dikembangbiakkan menjadi sekitar 150 ekor dan sekitar 44 yang baru lahir.
3. Baiji

Baijiadalahlumba – lumba air tawar yang hanyadapatditemukan di sungaiyangtse, China.Populasinya menurun drastis dalam beberapa decade terakhir.
4. Javan Rhino
Spesies ini kini terancam punah, dengan hanya dua populasi yang dikenal di alam liar, dan tidak ada di kebun binatang.Dari 60 badak jawa yang diketahui, tempat tinggal nya hanya di Indonesia dan Vietnam.

5. Hispid hare


Hewan ini dapat ditemukan di bukit Himalaya hewan ini aktif saat fajar dan senja.Hanya ada sekitar 110 ekor didunia.

6. Seychelles Sheath-tailed Bat

Ini adalah salah satu hewan paling terancam punah, kurang dari 100 yang diyakini ada di dunia.Tapi para ahli masih berusaha secara intensif untuk mengembangkannya.

7. Tamaraw

Tamaraw atau Mindoro Dwarf Buffal oadalah mamalia berkuku kecil dan merupakan endemic pulau Mindoro di Filiphina.Dulu pulau Mindoro tidak berpenghuni diakibatkan oleh malaria.Tetapi tidak dengan sekarang.Karena pengembangan obat malaria.Peningkatan aktivitas manusia secara drastis telah mengurangi populasi tamaraw.

8. Red Wolf 


Serigala ini dulu pernah mendiami seluruh amerika tenggara Sekarang tempat tinggal mereka ada di timurlaut North Carolina.Tinggal 20 ekor red wolves murni ditemukan tahun 1980, tapi sekarang sudah berkembang lebih dari 200 ekor.

9. Northern Hairy-nosed Wombat


Juga dikenal sebagai yaminon, adalah satu dari tiga jenis wombat .Itu ditemukan di New South Wales , Victoria dan Queensland. Tapi sekarang hanya bisa ditemukan di taman nasional dekat Epping Forest Station di Queensland. Hanya ditemukan sekitar 113 ekor.


10. Iberian Lynx

Adalah spesies asli Smenanjung Iberia di Eropa Selatan.Kebanyakan mati karena perangkap yang sebenarnya digunakan untuk hewan buruan seperti kelinci. Hanya ada 100 turun dari 400 di tahun 2000.

itu yang hewan,yang tanaman:
1.Youtan Polue

Sekitar 38 bagian mungil berukuran 1mm dari bunga ini ditemukan petani di China -Mr. Ding- tumbuh di permukaan pipa besi. Menurut para ahli botani, bunga ini mekar sekali dalam waktu 3000 tahun.

2. Nephentes Tenax

Dari semua spesies tumbuhan pemakan serangga, tumbuhan Nephentes Tenax ditemukan di bagian utara Queensland, Australia. Tanaman ini bisa mencapai ukuran 100 cm dengan panjang rambatan hingga 25 cm. Ukuran ini dianggap luar biasa karena pada umumnya spesies laen hanya tumbuh sekitar 15 cm saja. Para ahli percaya bahwa tumbuhan ini bisa memakan tikus kecil, kadal bahkan burung. Para ahli memprediksi tanaman ini dapat mencapai harga ratusan US dolar di pasar gelap.


3. Bunga Kadupul

Kadupul, sang bunga legendaris yang dipercaya merupakan persembahan naga dari surga untuk para dewa. kadupul memancarkan keharumannya saat mekar di malam hari, kemudian layu saat fajar tiba. Melihat kadupul saat mekar merupakan pengalaman yang sangat langka, bahkan untuk warga Srilanka yang merupakan daerah tempat bunga ini tumbuh, juga merupakan hal yang langka.


4. Tanaman Ahinahina (Silversword)

Merupakan tanaman yang dilindungi sejak tahun 1922, tumbuhan ini hanya tumbuh di daerah Alpine seperti Mauna kea, Mauna Loa dan Haleakala. Kulit keras dari tanaman ini membuatnya mampu bertahan di cuaca yang keras, seperti cuaca bersalju dan matahari terik.
Saat ini, Ahinahina berada dalam pembudidayaan karena populasi mereka terancam dari berbagai hal, antara lain meluasnya daerah gembala dan perusakan orang yang tidak bertanggung jawab.


5. Drosera Capensis (Sundew Cape)

Merupakan tanaman asli di daerah Afrika Selatan dan dibudidayakan karena kemampuan insektisidanya, Sundew memiliki tentakel tentakel seperti tali dan berwarna menarik yang bisa mencapai panjang 15 cm dan lebar 1 cm. Tentakel ini dapat mengeluarkan zat lengket yang dapat menangkap serangga atau hewan kecil lainnya.
Setelah melacak mangsanya, tentakel ini melakukan mekanisme predator yang disebut thigmotropism, untuk menjebak mangsanya. Kemudian menggunakan kelenjar pencernaan untuk mencerna mangsanya.
Sundew dianggap langka karena terancam peningkatan suhu serta kawasan yang terbatas untuk  habitat mereka.


6. Bunga bangkai
Ditemukan oleh rombongan Sir Stamfort (gubernur East Indi Company di Sumatera dan Jawa) dan Dr. Joseph Arnord, seorang naturalis yang mengadakan ekspedisi di Bengkulu pada tanggal 20 Mei 1818. Kedua nama tersebut diabadikan menjadi nama latin bungan ini oleh Robert Brown. 












referensi:dari berbagai sumber,terutama kaskus


No comments:

Post a Comment